Rabu, 09 Maret 2016

Tempat Wisata Menarik di Medan Sumatera Utara

Panduan ini untuk mengunjungi wilayah Medan Sumatera Utara dan berlibur di tempat wisata yang menarik di sekitarnya. Wilayah ini menjadi terkenal di dunia karena banyak hal. Ada banyak obyek menarik yang layak untuk dikunjungi di sini. Ada dataran tinggi yang sejuk, air terjun, tempat bersejarah, museum unik, bangunan ibadah yang sering menjadi obyek fotografi maupun obyek lainnya yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Berikut ini panduannya untuk anda.
Adapun tempat berlibur yang mempesona dan direkomendasikan di wilayah Sumatera Utara adalah:
  • Istana Maimun. Istana ini terkenal karena merupakan peninggalan Kerajaan Deli, Lokasinya di Jalan Katamso, Kecamatan Medan Maimun. obyek wisata ini sangat mudah dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum yang melintas wilayah ini. Pengunjung bisa menikmati koleksi dari Istana yang berasal dari masa lalu namun masih utuh seperti foto Sultan beserta seluk beluk sejarah Kerajaan Deli, dan terdapat Singgasana Sultan yang mewah.

Air Terjun Sipiso-piso. Tempat wisata ini berada sekitar 135 km dari kota Medan, tepatnya di wilayah Brastagi. Ketinggiannya 120 meter. Jika ingin pergi ke bagian bawah air terjun Sipiso-piso Tongging karena harus melewati 1000 anak tangga kira-kira setengah jam turun ke bawah melalui tangga yang berliku-liku dengan jalan kaki disepanjang tebing yang curam. Dari tempat ini, danau Toba terlihat sangat indah.


Tjong A Fie’s Mansion. Yaitu berupa rumah milik orang terkaya di Medan di masa lampau. Rumah ini menjadi tempat wisata yang menarik karena mencerminkan kemewahan bagai istana di jamannya. Bangunan yang dibangun tahun 1900 ini masih terlihat kokoh dan terawat. Banyak yang tidak menyangka bahwa Tjong A Fie’s Mansion sudah berumur ratusan tahun. Seberapa kayakah Mendiang Tjong A Fie ini? Dialah pemilik bank Kesawan, pemilik hampir seluruh perkebunan di Sumatera di jamannya serta dialah yang membangun rel kereta api di daratan China. Yang membuat namanya sangat terkenal hingga sekarang adalah surat wasiat yang menyatakan seluruh hartanya boleh dibagikan ke semua yang membutuhkan tanpa melihat ras, suku dan agama. Hingga kini, hartanya tidak habis!

Graha Bunda Maria Annai Velangkanni. Tempat apakah ini? Anda tentu menebak bahwa ini merupakan bangunan candi yang tinggi mirip dengan candi Prambanan (silakan lihat pada gambar di bawah). Tetapi sebenarnya tempat ini merupakan gereja katolik. Keunikan bentuknya ini mampu mendatangkan wisatawan yang sangat banyak, terutama bagi yang hobi fotografi. Lokasinya di jalan Sakura 3 no 7, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan.

Tinggi Raja. Apa yang menarik di sini? Anda akan menemukan salju panas! Fenomena alam ini lokasinya di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Objek wisata ini sebenarnya adalah perpaduan antara sulfur putih, hijau dan biru yang tercampur dan membeku. Dari kota Medan menuju tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Apabila anda pernah berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, maka jika danau kawah tersebut membeku hasilnya seperti Salju Panas Tinggi Raja ini.

Vihara Gunung Timur. Obyek ini merupakan klenteng yang terbesar di kota Medan. Berwisata ke tempat ibadah ini diijinkan selama anda tidak mengganggu orang yang sedang beribadah. Lokasinya cukup strategis berada di jalan Hang Tuah no 16. Walaupun tidak sebesar Klenteng Sam Po Kong yang menjadi salah satu tempat wisata di Semarang.

Air terjun Sibolangit. Wisata Sibolangit yang berjarak 75 kilometer dari ibukota Sumatera Utara ini merupakan tempat pegunungan yang sejuk dengan air terjun Telaga Dwi Warna yang berada di dalam hutan Sibolangit. Disebut Dwi warna karena air terjun terdiri dari dua buah yang mempunyai dua warna yang berbeda. warna biru yang airnya dingin dan warna putih yang airnya hangat. Untuk sampai ke Telaga Dwi warna butuh 3 jam berjalan kaki di dalam hutan Sibolangit. Biasanya backpacker pecinta alam berkunjung ke sini sekaligus camping.

Hill Park Sibolangit. Konsep tempat wisata dekat kota Medan ini adalah taman hiburan. Hill Park Sibolangit juga dilengkapi dengan aneka wahana permainan. Agar lebih mudah untuk memilih wahana yang akan dikunjungi oleh para wisatawan, maka pengelola membagi wahana permainan dalam beberapa tema wisata. Beragam wahana bisa Anda coba, mulai dari wahana yang menguji ketrampilan seperti floor projection games, bom-bom, bumper boat, kincir raksasa dll. Atau bisa juga mencoba wahana yang akan menguji adrenalin Anda dengan mencoba wahana gelegar. Pada prinsipnya, wahana gelegar itu mirip dengan halilintar yang ada di Dufan Ancol. Anda bisa juga mencoba wahana lain seperti telecombat, ulang alik serta kereta hillpark. Taman permainan khusus anak-anak juga tak kalah seru. Wahana tersebut bernama Toon Town. Wahana yang ada di area Toon Town sengaja dibangun dengan meniru negeri Wonderland.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Dari namanya, anda sudah bisa menebak bahwa ini merupakan museum dan galeri dari ribuan binatang buas dan liar yang diawetkan. Ada lebih dari 2000 koleksi hewan yang diawetkan yang disimpan di sini. Tempat wisata yang unik ini beralamat di Jalan Letjend S. Parman, Medan Baru, Sumatera Utara. Koleksi yang paling menarik adalah “The African Big 5” yaitu hewan liar dari Afrika diantaranya: Banteng, Singa, Gajah, Cheetah dan White Rino. Pemiliknya yaitu Rahmat Shah adalah seorang pengusaha sekaligus pemburu profesional yang sering mendapatkan penghargaan internasional.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Di tempat wisata ini terdapat ribuan ekor buaya. Terletak di Desa Asam Kumbang, sekitar 5 kilometer dari pusat kota Medan. penangkaran binatang buas ini dikelola oleh sebuah keluarga yang memanfaatkan halaman belakang rumah sebagai tempat penangkaran. Lalu berkembang menjadi sebuah penangkaran buaya yang menampung lebih dari 2.500 ekor buaya.

Tangkahan. Hutan yang terkenal dengan Gajah Sumatera. Tangkahan berupa jelajah hutan liar, menyusuri goa eksotis yang banyak berisi kelelawar, dan berkunjung ke sungai dan air terjun dengan pemandangan indah khas wilayah pegunungan. Lokasi obyek wisata Tangkahan berjarak 100 kilometer dari kota Medan.


Danau Toba. Kalau obyek terkenal di Sumatera Utara ini tidak perlu diragukan keindahannya. Sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, sudah banyak turis asing dan domestik yang melihat keindahan danau Toba. Jarak dari kota Medan menuju danau vulkanik ini adalah 177 kilometer. Dan anda membutuhkan waktu hampir 5 jam karena kondisi jalan yang meliuk-liuk melewati jurang. Yang menarik dari danau Toba adalah keberadaan pulau di tengahnya yang disebut Samosir. Biasanya turis asing lebih suka menginap di Samosir khususnya wilayah Tuktuk. Karena suasananya seperti di Legian, di mana banyak cafe, pub dan bar yang cukup hingar bingar.


Demikian informasi tentang tempat wisata menarik yang ada di kota Medan dan sekitarnya. Ibukota Sumatera Utara ini lebih dikenal sebagai kota bisnis terbesar nomer tiga di Indonesia. Makanya pengembangan obyek liburan yang mempesona lebih diutamakan pada beberapa wilayah di sekitarnya. Dan untuk mempermudah perjalanan anda, silakan ikuti panduan peta interaktif berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar